Sejarah Smartphone BlackBerry

Saat ini siapa yang tidak kenal dengan Smartphone BlackBerry, fenomena gadget canggih yang menjadi kebutuhan fashion saat ini. BlackBerry (BB) adalah perangkat selular yang pertama kali di perkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan kanada yang bernama Research In Motion (RIM).

BlackBerry masuk dan diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh perusahaan operator Indosat dan perusahaan Starhub. Produk yang menjadi andalan BlackBerry yaitu layanan Push e-mail nya karena semua e-mail baru, daftar kontak dan informasi kalender “didorong” secara otomatis masuk kedalam Blakberry dan dengan Push e-mail milik BlackBerry pengiriman dan penerimaan e-mail dengan BlackBerry dapat dengan mudah dilakukan dan tentunya e-mail yang dikirim dan diterima sudah mengalami proses kompresi dan scan di server BlackBerry sehingga aman dari virus.

BlackBerry juga dapat menambung puluhan bahkan ratusan e-mail yang masuk tanpa khawatir smartphone BlackBerry anda akan mengalami hang asalkan memory BlackBerry yang kita cadangkan cukup besar untuk menampungnya.

Selain itu fitur lain yang dimiliki BlackBerry yaitu tersedianya beberapa fasilitas chatting BlackBerry Messenger yaitu fasilitas chatting dengan memasukan PIN BlackBerry untuk menambah teman, seperti Yahoo Messenger jika untuk menambah teman anda harus memasukan e-mail teman anda, maka BlackBerry memiliki fitur PIN Blackberry sebagai identitas.

OS BlackBerry atau dikenal dengan multi-tasking operating system BlackBerry saat saya membuat post ini sudah memasuki update OS BB (BlackBerry) 5.0. Siapa penyedia sistem operasi multi-tasking ini? Tentu saja RIM yang sebagai perusahaan BlackBerry.

Beberapa perangkat lunak yang disediakan oleh BlackBerry yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan operasi:

BlackBerry Enterprise Server (BES).
BES adalah Perangkat lunak Blackberry yang bisa memberikan Blackberry akses ke intranet perusahaan. Intranet merupakan jaringan dalam suatu perusahaan yang bersifat pribadi dan internal perusahaan.

BlackBerry Professional Software (BPS).
BPS merupakan komunikasi nirkabel dan kolaborasi solusi bagi usaha kecil dan menengah. Ia menghadirkan berbagai fitur yang dibutuhkan para karyawan, dalam sebuah paket dengan harga yang lebih murah.

BlackBerry Internet Service (BIS).
Perangkat lunak yang diperuntukkan bagi pengguna pribadi ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan smartphone dengan 10 akun e-mail yang berbasis Post Office Protocol (POP3) dan Internet Message Access Protocol (IMAP), menerima dan mengirim pesan instan, serta berselancar di Internet. Layanan BIS ini yang sering digunakan oleh para pengguna smatphone BlackBerry.

BlackBerry Mobile Data System (BlackBerry MDS).
Sebuah aplikasi optimisasi pengembangan kerangka kerja untuk BlackBerry Enterprise Solution, yang menyediakan layanan kepada anda sebuah alat pengembangan untuk membangun, menyebarluaskan, serta mengatur interaksi antara BlackBerry smartphones dan aplikasi perusahaan.

http://trikdantipsblackberry.wordpress.com/tag/perkembangan-blackberry/